LEBARAN 2017
Ingat Kenangan Indah, Bukan Pengalaman Buruk


Ilustrasi suasana Lebaran (Dok. Solopos)Ilustrasi suasana Lebaran (Dok. Solopos)

Mendekati momen Lebaran, Wasis The Young mau minta maaf nih kalo pas nemenin kalian selama ini, banyak khilaf dan salah. Maafin ya guys. Okee, sekarang Wasis mau berbagi tips n trick untuk minta maaf dan memaafkan orang lain nih.

Sebelumnya kita mau tanya, mengapa kita sulit untuk meminta maaf atau memaafkan orang lain? Mengutip perkataan dari Ustaz Salim A. Fillah mungkin karena kita selalu curiga. Kecurigaan dalam bentuk prasangka buruk ini telah mengalahkan keikhlasan dan sikap lapang dada. Pada dasarnya langkah untuk bisa meminta maaf maupun memaafkan dengan ikhlas itu sama saja.

1. Selalu luruskan niat, dari niat yang baik untuk meminta maaf atau memaafkan orang lain, pasti akan mendatangkan banyak kebaikan dan keberkahan dalam hidup kita.

2. Ikhlaskan hati kita, mulai lupakan pikiran tentang siapa yang benar dan siapa yang salah. Belum tentu yang kita anggap salah benar-benar seperti itu.

3. Ingatlah tentang kenangan-kenangan indah yang pernah kalian lakukan bersama, jangan sampai kebaikan sebelanga hilang hanya karena kesalahan setitik.

4. Selalu berpikir positif, tidak ada satu pun manusia yang tak luput akan kesalahan.

5. Setiap orang punya kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, termasuk diri kita sendiri.

6. Jika kita berada dalam posisi yang salah, tidak cukup jika kita hanya minta maaf, buktikan penyesalan terdalam kita dengan tidak pernah mengulangi perbuatan salah kita.

Seperti kata pepatah “Memaafkan bagaikan membebaskan seseorang dari penjara, dan kemudian kita akan tahu bahwa orang itu adalah diri kita sendiri.” Maknanya baik itu minta maaf maupun memaafkan, sama-sama membebaskan diri kita sendiri dari perasaan tertekan dan pikiran negatif. Selamat Mencoba!



Related articles ALL POSTS
Berikan Tanggapanmu