REKRUTMEN WARTAWAN SISWA
Peserta Membeludak, Wasis Senior Jadi Buruan


Redaktur pengampu program Wartawan Siswa (Wasis) Solopos, Syifaul Arifin, memberikan materi dasar jurnalistik dalam pelatihan dan seleksi Wasis Solopos, Minggu (13/8/2017). (Solopos-R. Bambang Aris Sasangka)Redaktur pengampu program Wartawan Siswa (Wasis) Solopos, Syifaul Arifin, memberikan materi dasar jurnalistik dalam pelatihan dan seleksi Wasis Solopos, Minggu (13/8/2017). (Solopos-R. Bambang Aris Sasangka)

Hai Sobat Gaul The Young! Hari Minggu (13/8/2017) menjadi saat yang heboh di kantor Redaksi Grup Media Solopos ketika puluhan pelajar dari berbagai wilayah di Soloraya datang untuk mengikuti pelatihan jurnalistik dalam rangka seleksi Wartawan Siswa alias Wasis. Pelatihan itu menjadi ajang seleksi untuk memilih empat pelajar yang bakal menjadi Wasis Solopos Angkatan XX yang akan bertugas selama enam bulan ke depan.

Hudha Abdul Rohman (tengah), mantan personel Wasis melayani wawancara yang dilakukan para peserta pelatihan. (Solopos-R. Bambang Aris Sasangka) Hudha Abdul Rohman (tengah), mantan personel Wasis melayani wawancara yang dilakukan para peserta pelatihan. (Solopos-R. Bambang Aris Sasangka)

Redaktur koran Edisi Minggu Solopos, Syifaul Arifin, yang menjadi pengampu program Wasis memberikan materi mengenai dasar-dasar jurnalistik seperti teknik pencarian berita. Selanjutnya para peserta diminta melakukan wawancara untuk memraktikkan ilmu jurnalistik yang sudah mereka dapatkan dan kemudian menuliskan laporannya. Hasil penulisan laporan itulah yang menjadi dasar utama penilaian untuk memilih siapa yang bakal menjadi Wasis Solopos selanjutnya.

Wanda Chacha Constantindeo, mantan personel Wasis Angkatan XIII diwawancarai oleh peserta pelatihan Wasis. (Solopos-R. Bambang Aris Sasangka) Wanda Chacha Constantindeo, mantan personel Wasis Angkatan XIII diwawancarai oleh peserta pelatihan Wasis. (Solopos-R. Bambang Aris Sasangka)

Nah saat para peserta melakukan praktik wawancara inilah yang bikin heboh. Para peserta yang merupakan pelajar kelas X atau XI SMA atau sekolah sederajat itu pun langsung memburu para mantan personel Wasis alias para Wasis senior yang juga hadir meramaikan acara. Cukup banyak Wasis senior yang hadir, mulai dari Angkatan IV yang bertugas tahun 2007 hingga Wasis Angkatan XIX yang baru saja merampungkan masa tugas mereka yang dimulai awal tahun ini.

Dua peserta pelatihan dan seleksi Wasis asyik menuliskan laporan mereka seraya lesehan di koridor kantor redaksi Grup Media Solopos. (Solopos-R. Bambang Aris Sasangka) Dua peserta pelatihan dan seleksi Wasis asyik menuliskan laporan mereka seraya lesehan di koridor kantor redaksi Grup Media Solopos. (Solopos-R. Bambang Aris Sasangka)

Sejumlah Wasis senior yang hadir di antaranya Hudha Abdul Rohman, alumnus SMA MTA Solo yang kemudian mengukir prestasi sebagai finalis Putra-Putri Solo dan Duta Bahasa Jawa Tengah. Hudha yang juga alumnus Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga dan kini menempuh pendidikan Pascasarjana di Universitas Padjadjaran ini banyak dihampiri para peserta seleksi untuk diwawancarai. Selain Hudha ada pula Yudhistira Pramono, alumnus SMAN 7 Solo yang kini menjadi mahasiswa FEB Universitas Gadjah Mada dan merupakan finalis Duta Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada pula Wanda Chacha Constantindeo, yang saat duduk di SMAN 1 Karanganyar menjadi anggota Wasis Angkatan XIII. Mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS ini juga mengusung prestasi sebagai finalis Putri Lawu Karanganyar 2016.

 



Related articles ALL POSTS
Berikan Tanggapanmu