SISWA BERPRESTASI
Hafidh Raih Prestasi Lewat Astronomi


Ananda Hafidh Rifa'i Kusnanto diapit Kepala SMAN 4 Solo, Thoyibun (kiri) dan guru pembimbingnya, Munarso. (Solopos-Septhia Ryanthie)Ananda Hafidh Rifa'i Kusnanto diapit Kepala SMAN 4 Solo, Thoyibun (kiri) dan guru pembimbingnya, Munarso. (Solopos-Septhia Ryanthie)

Pendiam dan pemalu. Demikian kesan pertama yang terlihat dari sosok Ananda Hafidh Rifa’i Kusnanto, siswa SMA Negeri (SMAN) 4 Solo, saat ditemui di SMAN 4 Solo, beberapa waktu lalu. Hafidh, demikian ia akrab disapa, merupakan wakil SMAN 4 Solo yang terpilih untuk memperkuat tim Provinsi Jawa Tengah dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 tingkat Nasional. Prestasi yang diraih Hafidh saat OSN 2017 tingkat nasional di Riau, Minggu-Sabtu (2-8/7/2017) lalu itu tak bisa dipandang sebelah mata.

Anak pertama pasangan suami-istri, Ahmad Kusnanto (almarhum) dan Supadmi tersebut berhasil meraih medali perak untuk Lomba Astronomi. Didampingi guru pembimbing saat Lomba OSN 2017, Munarso, Hafidh menuturkan keikutsertaannya dalam Lomba OSN 2017 dimulai dari seleksi OSN 2017 di tingkat sekolah. Hafidh menjelaskan materi astronomi tidak diajarkan sebagai mata pelajaran khusus di sekolah. Namun, dia tertarik dengan bidang astronomi. Hafidh bahkan bergabung dengan ekstrakurikuler Casmara Catur atau Club Astronomi di sekolahnya. “Menurut saya astronomi itu seru,” kata dia.

Hafidh mengatakan referensi maupun buku-buku astronomi tidak terlalu banyak. Selain dibimbing guru, Internet pun menjadi pilihan Hafidh mencari lebih banyak informasi dan referensi tentang astronomi. “Saat seleksi di tingkat provinsi, justru Hafidh yang lolos seleksi untuk memperkuat tim provinsi. Padahal dua siswa lainnya dari SMAN 4 Solo ini justru dari Kelas XI sementara Hafidh saat itu baru Kelas X,” ungkap Munarso.

Dalam kompetisi di tingkat nasional, Hafidh mengerjakan tes tertulis, menganalisis data, serta melakukan observasi. Dia berhasil meraih medali perak. Atas prestasi tersebut, Hafidh mendapat hadiah uang Rp9,5 juta. Hafidh juga mendapat penghargaan dari sekolah berupa bebas SPP hingga lulus. Secara pribadi Kepala SMAN 4 juga memberikan penghargaan untuknya.

Menurut Hafidh, prestasi yang diraihnya tak lepas dari doa ibu yang merupakan penjual mainan di sekolah. “Selain doa, ibu mendukung saya dengan berpuasa selama saya mengikuti lomba tersebut,” tutur Hafidh.



Related articles ALL POSTS
Berikan Tanggapanmu