TIPS KECANTIKAN
Ini Cara Mudah dan Murah Bikin Masker Wajah


Foto ilustrasi: Anda bisa membuat sendiri masker wajah dari bahan rumahan. (sheknows.com)Foto ilustrasi: Anda bisa membuat sendiri masker wajah dari bahan rumahan. (sheknows.com)

Tips kecantikan kali ini membahas cara mudah dan murah membuat masker wajah.

Solopos,com, SOLO – Tidak sedikit kaum wanita rela merogoh kocek dalam-dalam dan menghabiskan waktu berlama-lama hanya untuk mendapatkan kulit wajah berkilau dan bebas kerutan. Padahal sebetulnya ada cara mudah dan murah untuk mendapatkan kulit kinclong.

Bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran bulanan namun tetap ingin memiliki kulit cantik berseri bisa mencoba beberapa resep masker rumahan di bawah ini. Ada banyak varian masker yang bisa Anda buat sendiri dari bahan-bahan yang tersedia di dapur.

Cukup sesuaikan bahan dengan jenis kulit Anda, entah kering, berminyak, atau kombinasi. Pastikan Anda mencuci wajah hingga bersih dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit sebelum mengaplikasikan masker. Berikut 11 masker yang bisa Anda buat dari bahan yang tersedia di rumah, dilansir dari laman Herbeauty, belum lama ini:

Avokad
Avokad dilengkapi dengan lemak baik dan vitamin yang bisa membuat Anda kenyang ketika menyantapnya. Jika diaplikasikan pada kulit, Anda juga akan mendapat nutrisi yang sama. Kulit Anda jadi tampak lebih sehat.

Campurkan dengan sedikit sari lemon untuk meredakan kelainan kulit seperti psoriasis dan eksim.

Susu dan sirup maple
Campuran susu dengan sirup maple ampuh membuat kulit Anda lebih kenyal. Sirup maple adalah antioksidan yang mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dan penuaan dini. Masker susu dan sirup maple cocok untuk mengatasi kerutan agar kulit terlihat lebih muda.

Scrub pakai brown sugar
Brown sugar bisa dijadikan scrub wajah. Meski teksturnya agak kasar namun brown sugar tak akan membuat kulit luka atau iritasi. Campurkan brown sugar dengan minyak zaitun untuk hasil yang maksimal.

Pisang, yoghurt, dan madu
Campuran masker pisang, yoghurt, dan madu baik untuk kulit berminyak. Asam amino pada pisang menutrisi jaringan kulit dan membantu mempertahankan elastisitas kulit. Sementara potasium membantu klit tetap terhidrasi dari dalam.

Strawberry
Strawberry mengandung vitamin C dan asam salisilat yang ideal untuk mengobati jerawat. Campurkan strawberry dengan yoghurt untuk efek menenangkan pada kulit.

Oatmeal (gandum)
Kombinasikan air, yoghurt, dan putih telur. Kandungan asam amino yang tinggi pada oatmeal membantu memperbaiki bekas jerawat pada kulit. Asam amino juga merupakan antialergi alami.

Mayones
Minyak kedelai dan telur pada mayones sangat melembapkan bagi kulit. Mayones juga sangat mudah diaplikasikan di wajah. Sementara kandungan cuka pada mayones menstimulasi sel-sel kulit dan mengangkat kulit mati.

Mustard
Meski tak lazim, masker yang sesungguhnya merupakan bumbu makanan ini bisa untuk menstimulasi, menenangkan, serta menyeimbangkan pH kulit. Artinya masker mustard baik untuk antiinflamasi, mengatasi jerawat pada kulit sensitif. Kandungan sulfur pada mustard menghalau bakteri. Sementara vitamin A, C, dan K di dalamnya mencegah radikal bebas.

Madu dan pepaya
Haluskan buah pepaya dan campurkan dengan madu. Masker ini bisa membuat kulit lebih cerah, serta mengatasi pigmentasi atau noda hitam. Enzim pepaya akan membuat kulit Anda lebih kinclong.

Kunyit
Masker kunyit cocok untuk individu berkulit putih maupun gelap. Efek dari masker kunyit adalah membuat kulit lebih bersinar. Padukan bubuk kunyit dengan madu dan yoghurt lalu aplikasikan pada wajah.

Bubuk kopi dan cokelat
Perpaduan masker kopi dan cokelat adalah solusi bagi kulit sembap. Anda boleh menambahkan yoghurt atau sari lemon, tergantung dari seberapa berminyak atau kering kondisi kulit Anda. Semakin kental campurannya akan semakin baik untuk jenis kulit kering.



Related articles ALL POSTS
Berikan Tanggapanmu